Sabtu, 14 April 2012

Pengangguran Tinggi, Disnaker DKI Gelar Job Fair


 
 
ANGKA angka pengangguran di DKI Jakarta dinilai masih tinggi meski menunjukkan adanya penurunan dibanding tahun lalu. Jika pada 2010 silam jumlah pengangguran tercatat 582.850 orang, di awal 2012 ini jumlahnya tercatat masih 540.000 orang.

Untuk mengatasi hal ini, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi mulai gencar menggelar Job Fair (bursa lowongan kerja). Kali ini, kegiatan tersebut dilaksanakan di Pusat Perbelanjaan Blok M Square, Jakarta Selatan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DKI Jakarta, Deded Sukendar, mengatakan masalah pengangguran yang terjadi selama ini, disebabkan oleh perbandingan antara pertambahan jumlah pengangguran dengan pertumbuhan kesempatan kerja yang tak seimbang. Akibatnya, terjadi ketimpangan jumlah pengangguran yang serius. "Untuk itulah kami menggelar kegiatan bursa kerja ini," kata Deded, Rabu (11/4).

Menurut Deded, job fair kali ini sengaja digelar di wilayah Jakarta Selatan, karena berdasar data yang ada wilayah ini jumlah pengangguranya cukup tinggi. Yakni, mencapai 113.613 orang.

Untuk tempatnya, sengaja digelar di pusat perbelanjaan, karena lokasinya yang strategis dan mudah di jangkau. "Tahun 2012 ini kami baru menggelar satu job fair, yakni di Jakarta Selatan ini. Namun, direncanakan akan terus digelar secara rutin," ujarnya.

Ia mengatakan, bursa kerja ini merupakan upaya Pemprov DKI Jakarta dalam rangka mengurangi tingginya jumlah penganggur. Melalui job fair, pihaknya berupaya memfasilitasi atau mempertemukan pencari kerja dengan pengguna tenaga kerja, dalam hal ini perusahaan.

Dengan begitu, para pencari kerja maupun perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja akan mendapat kemudahan. "Kami hanya sebagai fasilitator untuk mempertemukan mereka," tuturnya.

Dalam bursa kerja kali ini, jumlah lowongan yang tersedia cukup banyak, yakni mencapai 13 ribu lowongan. Sebab, perusahaan yang dilibatkan juga cukup banyak, yakni 43 perusahaan tingkat nasional. "Di masa mendatang jumlah perusahaan yang dilibatkan akan terus ditambah," ucapnya.

Sementara itu, salah seorang pencari kerja Bayu (23), mengaku telah lima bulan   menganggur. Sebab, perusahaan tempatnya bekerja dulu bangkrut. Ia berharap mendapat pekerjaan di kegiatan bursa kerja ini. "Saya membawa lima lamaran sekaligus, dan berharap salah satunya diterima," tandasnya. (wok)
sumber : JPPNN*COM
 

0 komentar:

Posting Komentar